PANTAI WATU KODOK DI GUNUNG KIDUL



WISATA TERBARU DI JOGJA







pantai watu kodok

  


Pantai Watu Kodok Gunungkidul 
 Bagi anda yang menyukai suasana alami alias masih asri.pantai watu kodok di Gunungkidul ini bisa menjadi pilihan anda untuk mengisi waktu liburan anda.  Pantai watu kodok Gunungkidul menjadi salah satu pantai baru di Yogyakarta sebagai bagian pantai pasir putih yang berada di gugusan pantai Gunungkidul Yogyakarta. Konon mengapa disebut pantai watu kodok karena terdapat bongkahan karang  menyerupai kodok. Sehingga inilah alasan mengapa disebut pantai watu kodok oleh penduduk setempat.

Pantai pasir putih gunungkidul
dengan bersanding karang-karang terjal di sepanjang pantai menjadi daya tarik dan keunikan tersendiri bagi para pelancong atau penikmat pantai.  Terlebih jika pantai itu masih sangat alami dan karena hal itu justru menjadi daya tarik tersendiri. Begitu pula dengan pantai watu kodok gunungkidul ini. Pada sisi kanan dan kiri karang yang menyerupai kodok  ini terdapat hamparan pasir putih yang menjadi daya tarik tersendiri pantai ini. Jika ditelusuri ,pantai ini tidak jauh dengan pantai Baron,pantai krakal maupun pantai kukup.
Untuk menuju pantai watu kodok ini terbilang sangat mudah karena masih sebaris dengan pantai baron. Untuk jalan masuk ke Pantai Kodok saat ini masih berupa konblok. Di sepanjanng jalan juga terdapat keindahan dari rerimbunan tumbuhan membuat suasana rindang nan sejuk makin terasa. Ketika anda mencapai pantai ini anda akan disambut dengan perbukitan batu karang yang menawan dan juga hamparan pasir putih yang tentu akan menjadi daya tarik tersendiri bagi penikmat pantai pasir putih gunungkidul .
Pantai Watu kodok Gunungkidul
 ini masih tergolong baru,sehingga fasilitas yang ada masih minim dan belum setenar pantai pulang syawal atau Indrayanti . Jadi peran pemerintah untuk  mengembangkan potensi wisata pasir putih gunung kidul ini perlu ditingkatkan. Sangat diperlukan pengelolaan obyek wisata pantai lebih lanjut dengan tetap memperhatikan kelestarian alam sekitar. Pembangunan fasilitas dan prasarana kepariwisataan sangat diperlukan dalam waktu dekat sehingga diperlukan kerja keras dari semua fihak agar harapan tersebut dapat segera terwujud.

Rute, Jalan, Peta Lokasi Pantai Watu Kodok Gunungkidul Yogyakarta

Jarak Dari kota Yogyakarta sekitar 70km dapat di tempuh 1jam 30menit perjalanan. Ada 3 rute paling efektif untuk menuju Pantai Watu kodok sebagai berikut,
Kunci utama kita temukan pantai yang di dekatnya yang sudah terkenal kalau arah dari timur kita temukan Pantai Drini, kalau lewat Barat kita temukan Pantai Sepanjang.

Rute pertama, Yogyakarta > Jl. Wonosari > Piyungan > Patuk > Wonosari > jl. Baron > Tepus ( lewat pintu masuk timur) > Indrayanti > Sundak > Drini > Pantai Watukodok
Rute kedua, Yogyakarta > Jl. Wonosari > Piyungan > Patuk > Sambipitu > Gading ( lapangan terbang ) > Siono > Wonosari > jl.Baron > Kemadang > Baron > Kukup > Pantai Sepanjang> Pantai Watu kodok

Rute Ketiga, Yogyakarta > Ringroad jl. Wonosari > Piyungan > Patuk > Sambipitu > Gading (lapangan terbang) > Playen > Paliyan > Saptosari > Pasar Trowono > Kemadang > Baron > Kukup > Pantai Sepanjang > Pantai Watukodok

Akses untuk menuju Pantai Watu Kodok


  • Jalur untuk menuju ke Pantai Watu Kodok gunungkidul ini bisa melalui jalur kota Yogyakarta yang menuju kota Wonosari dan selanjutanya menyusuri rute ke arah Pantai Baron. Selanjutnya setelah memasuki pintu gerbang Pantai Baron belok kekanan menyusuri jalan yang menuju Pantai Indrayanti. Terdapat papan nama yang menunjukkan arah dimana Pantai Kodok berada.
  • Pantai watu kodok berada di sebelah Barat Pantai Drini. Untuk mencapai tempat ini dapat mengikuti petunjuk arah yang menuju Pantai Kukup. Setelah sampai di pertigaan Pantai Kukup lalu menuju kearah Timur menuju ke arah Pantai Watu Kodok setelah melewati Pantai Sepanjang.
  • Akses jalan menuju ke Pantai Watu Kodok ini memang kurang mulus alias rusak. Sehingga, anda harus lebih berhati-hati saat mengendarai kendaraan anda. Anda bisa menggunakan kendaraan mobil atau sepeda motor. Jika naik kendaraan pribadi, anda bisa mengambil jalan menuju ke Pantai Kukup. Jika menemukan pertigaan Pantai Kukup, ambil kiri dan ikuti jalan sampai menemukan papan nama Pantai Watu Kodok. Jika anda naik kendaraan umum, anda bisa menggunakan bus jurusan Jogja-Wonosari yang dilanjutkan dengan bus Jurusan tepus.



Fasilitas yang terdapat di Pantai Watu Kodok

 Fasilitas yang disediakan Pantai di Gunung Kidul Jogja ini memang tidak terlalu banyak. Keberadaan area parkir bisa terbilang minim. Akan tetapi, anda bisa menemukan warung-warung kecil yang menjajakan makanan dan minuman. Ada juga penyewaan tikar bagi anda yang ingin bersantai sambil berselonjor di tepi pantai. Akan tetapi, pemandangan yang disuguhkan sangat indah, sehingga menjadi tempat yang recommended untuk anda kunjungi. Anda tidak perlu khawatir akan merasa bosan karena pantai ini menjadi tempat terbaik untuk melepas penat karena suasananya yang tenang dan asri serta jauh dari keramaian. Sehingga, anda pun akan merasa betah berlama-lama di tempat ini ditemani dengan angin sepoi-sepoi dan hamparan pasir putih yang luas dan bersih.


 Saat ini pengembangan pantai sendiri sudah mulai dilakukan. Sejumlah infrastruktur sudah mulai dibangun. Untuk masuk ke pantai ini, anda tidak perlu mengeluarkan biaya apapun. Paling-paling anda hanya mengeluarkan uang untuk biaya retribusi. Jadi, apakah anda sudah memasukkan nama Pantai Watu Kodok ini ke dalam list untuk berlibur? Jika tidak, segeralah masukkan karena anda tidak akan menyesal jika mengunjungi tempat ini. bagi anda yang suka fotografi, pantai Watu Kodok Pantai di Gunung Kidul Jogja ini juga dapat dijadikan tempat terbaik untuk mengambil gambar pemandangan yang alami dengan panorama yang eksotis dan elok.

Mengenai fasilitas yang terdapat di pantai ini sudah cukup memadai, sebab antusias pengelola pariwisata begitu semangat. Terdapat gazebo-gazebo untuk Anda beristirahat ketika merasa lelah berjalan-jalan di pantai, terdapat pula toilet serta warung-warung disekitaran pantai bagi Anda yang ingin memesan makanan atau minuman sebagai pelengkap bersantai di pantai.  Nah, tunggu apalagi, ajaklah keluarga maupun kekasih Anda untuk menikmati keindahan Pantai Watu Kodok Jogja ini.
Berdestinasi wisata alam Gunung Kidul tentunya tidak akan habisnya, selain keindahan Pantai Watu Kodok, Kabupaten Gunung Kidul menyuguhkan pantai terlengkap. Bisa dikatakan terlengkap sebab pengunjung bisa merasakan surga wisata, seperti belajar surfing, mandi di kolam renang alami, mendirikan tenda dan masih banyak lagi yang dapat pengunjung lakukan. Ya, pantai tersebut adalah Pantai Wediombo, pantainya para surfer tanah jawa. Ingin merasakan berselancar di pantai tidak repot-repot pergi jauh ke Pulau Bali, sebab Pantai Wediombo sejak tahun 2014 sudah dijadikan tempat perlombaan para surfer indonesia.

Pantai Watu Kodok merupakan salah satu pilihan tepat untuk camping di pantai. Lokasi yang mudah dijangkau dengan fasilitas yang memadai adalah paket lengkapnya.

Pantai di Gunung Kidul jumlahnya sangatlah banyak, namun apakah semuanya bisa dipakai sebagai tempat untuk camping? Ternyata tidak, karena beberapa pantai masih minim fasilitas. Lantas pantai mana yang rasanya nyaman untuk digunakan sebagai lahan camping? Pantai Watu Kodok adalah jawabannya.

Bekal untuk menikmati Pantai Watu Kodok

Harga tiket masuk pantai ini adalah IDR 3.000. Anda akan dikenakan biaya tambahan parkir sebesar IDR 3.000 apabila menggunakan sepeda motor dan IDR 5.000 – IDR 10.000 apabila menggunakan mobil. Bagi anda yang akan camping pun akan dikenakan biaya tambahan sebesar IDR 5.000 – IDR 10.000 per orangnya.

Saat ini, fasilitas pendukung di pantai seperti gazebo, warung makan, kamar mandi yang memadai, dan lahan parkir yang luas sudah semakin baik. Keamanan di pantai ini juga sudah bagus karena warga selalu ada yang berjaga dan berkeliling untuk memastikan keamanan pengunjung yang camping. Tentunya di siang hari anda juga dapat menghabiskan waktu dengan berenang karena pesisir pantai ini relatif aman untuk berenang, selama tidak terlampau jauh ke tengah.


EmoticonEmoticon